Maag... Maag...

Sunday, September 5, 2010
Sakit Maag bukan penyakit asing bagi kita.. Begitu banyak yang mengidap penyakit ini sampai obatnya banyak dijual bebas...
Emang siy kedengarannya biasa aja... tapi once kita kena.. wadawww..., bisa-bisa bikin kita ngga bs aktivitas... Yahh, kayak yg gw alamin beberapa waktu lalu...
Pertama rasanya seperti sakit perut biasa.. jadi masih gw cuekin tuhhh...
Tapi hari kedua mulai sakitnya ngga kira-kira.. tapi mencoba bertahan sambil minum obat umum yg dijual di pasaran...
Hari ketiga.., mual, mules, perih, kembung... wah dah ngga tertahankan lagi terpaksa ijin n berobat ke dokter..
Hari keempat.., obat dokter ternyata malah bikin gw muntah-muntah n gw stop minum (makan aja susah.., kan sayang kalo dikeluarin lg afterwards..) dan ternyata sakitnya mulai geser ke ulu hati yang berasa ditusuk-tusuk...
Akhirnya hari kelima gw ke RS n dapet beberapa macem obat2 lainnya yang masih gw konsumsi sampe sekarang...

Enuff about me.. sekarang sedikit mo sharing soal maag..

Maag atau radang lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mules dan perih pada perut. Penyakit ini dapat disebabkan oleh makannya yang tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, atau sebab-sebab lainnya.

Gejalanya sama kayak yang diiklan-iklan itu perut mual, mules, perih dan kembung...
In some cases, kayak gw.. berasa sakit di ulu hati (seperti ditusuk-tusuk)..
Ternyata kata Dokter itu juga disebabkan kemungkinan gw makan makanan yang mengandung gas sehingga asam lambung naik ke ulu hati...
Makanan yang seharusnya dipantang al. tauge, kol, kangkung, coklat dan makanan lain yg bergas ituhh.. Teringat pas hari kedua gw menghabiskan sepiring penuh tauge ikan asinnn... haduhhhh.. Ooowww... baru ngeh dehhh...

Yang ada.., gw diminta untuk makan sesering mungkin dengan porsi kecil aja n regularly minum obat yang diberikan...

Tapi.., selain obat2an dokter.., gw juga lagi rajin minum obat tradisional yang katanya mujarab melawan maag... Namanya ekstrak kunyit.. boleh dikasih temen kantor nihhh..
Jadi katanya.. ni kunyit dah melalui proses ekstrak dicampur gula sehingga menjadi bubuk yang siap seduh (2 sdm + 20 cc air).. Kalo bs minumnya jgn deketan sama minum obat dokter.. Rasanya siy ngga enak.., tapi khasiatnya... alhamdulillah I'm getting better..

gambar dr sini

Labels:

 
posted by rin at 8:53 PM, |

3 Comments: